Lowongan CPNS Kementerian Keuangan

Kementerian Keuangan membuka kesempatan bagi para pemuda-pemudi Indonesia terbaik untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Keuangan, mengabdi dan berkarya untuk Indonesia.

Unit Eselon yang Membutuhkan Pegawai:
  • Sekretariat Jenderal (SETJEN);
  • Direktorat Jenderal Pajak (DJP);
  • Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC);
  • Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK);
  • Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN);
  • Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR);
  • Badan Kebijakan Fiskal (BKF);
  • Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK).

Formasi:
Formasi CPNS yang diterima untuk bekerja di lingkungan Kementerian Keuangan KLIK DISINI

Kriteria Pelamar:
  • Lulusan Terbaik (Cumlaude) adalah pelamar lulusan terbaik dari Perguruan Tinggi terakreditasi A/Unggul dan Program Studi terakreditasi A/Unggul pada saat lulus dan dibuktikan dengan keterangan lulus cum/aude/pujian pada ijazah atau transkrip nilai.
  • Disabilitas adalah pelamar yang berkebutuhan khusus/memiliki keterbatasan fisik dengan kriteria: - mampu melihat, mendengar dan berbicara dengan baik; mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran dan berdiskusi; mampu bergerak dengan menggunakan alat bantu berjalan selain kursi roda.
  • Putra/Putri Papua dan Papua Barat adalah pelamar dengan kriteria: menamatkan pendidikan SD atau yang sederajat, SMP/SLTP atau yang sederajat, dan SMU/SLTA atau yang sederajat di wilayah Papua dan Papua Barat; atau - garis keturunan orang tua (ayah kandung) asli Papua dan Papua Barat yang dibuktikan dengan Surat Akta Kelahiran pelamar, Fotokopi KTP ayah kandung, dan surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan/kepala desa.
  • Umum adalah pelamar yang tidak termasuk kriteria sebagaimana tersebut siatas

Persyaratan Pendaftar:
  • Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  • Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD atau tidak pernah diberhentikan karena pelanggaran/hukuman bagi pegawai swasta;
  • Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil, Prajurit TNI, anggota Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah;
  • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan;
  • Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan jabatan yang dilamar;
  • Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya;
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau Negara lain yang ditentukan oleh pemerintah;
  • Pelamar dari jenis formasi Disabilitas, Putra/Putri Papua dan Papua Barat, dan Umum merupakan lulusan: Magister (S2) dari Perguruan Tinggi terakreditasi A/Unggul dan Program Studi terakreditasi A/Unggul pada saat lulus dengan IPK Minimal 3,00 (tiga koma nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari skala 4;  Sarjana (S1) dari Perguruan Tinggi terakreditasi dengan IPK Minimal 2,75 (dua koma tujuh lima dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari skala 4; Diploma Umum (DIII) dari Perguruan Tinggi terakreditasi dengan IPK minimal 2,75 (dua koma tujuh lima dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari skala 4;
  • Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam ijazah pada 1 September 2017: Minimal 18 tahun dan maksimal 30 Tahun 0 Bulan 0 Hari untuk Magister (S2); Minimal 18 tahun dan maksimal 28 Tahun 0 Bulan 0 Hari untuk Sarjana (S1); dan Minimal 18 tahun dan maksimal 23 Tahun 0 Bulan 0 Hari untuk Diploma Umum (DIII).

Tata Cara Pendaftaran:
  • Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui laman: http://sscn.bkn.go.id/ mulai tanggal 11 September 2017 s.d. tanggal 25 September 2017 dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) / NIK pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor KK / NIK Kepala Keluarga.
  • Setelah memperoleh notifikasi untuk melakukan aktivasi melalui email dari portal nasional, pelamar harus segera melakukan aktivasi dan melakukan pendaftaran online di website: http://rekrutmen.kemenkeu.go.id minimal 24 jam setelah aktivasi dilakukan pada periode 11 September 2017 s.d. 25 September 2017.
  • Pada saat pendaftaran secara online, pelamar harus membaca dengan cermat petunjuk pendaftaran online serta mengunggah (upload) soft file berkas berjenis PDF File, dengan ukuran masing-masing maksimal 300 kB (kilobyte), sebagai berikut: (a) Soft File hasil scan Ijazah; (b) Soft File hasil scan Transkrip Nilai; (c) Soft File hasil scan ijazah SD, SMP/SLTP, dan SMU/SLTA atau Surat Akta Kelahiran pelamar, Fotokopi KTP ayah kandung, dan surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan/kepala desa, khusus untuk pelamar Putra/Putri Papua dan Papua Barat;

Silahkan dishare:

Related Posts: